hayy teman2 sekalian, berhubung di kampus disuruh bikin toturial instalasi ubuntu sekalian ajah nie ane share di blog ane,, biar tambah nyampah kale .. haha..
Atur konfigurasi sehingga siap digunakan
Set boot priority menjadi first boot CD-ROM Anda akan masuk ke dalam menu ubuntu
Ini merupakan tampilan utama keluar waktu penginstalan di jalankan.
Kita bisa memilih bahasa apa yang ingin kita gunakan
 
Tampilan Utama dari Installer Ubuntu
 
Untuk mengecek tampilan ubuntu sehingga kita tau bahwa driver yang ada di PC/Laptop terdeteksi atau tidak.
Untuk Instalasi ubuntu
Untuk pengecekan kerusakan disk
Untuk pengecekan memory      
Untuk booting prioritas utama hdd
Untuk ini kita coba langsung menginstal ubuntunya..
  •   Langkah pertama
 
 
Pemilihan bahasa
Jadi di tahap ini kita bisa langsung memilih bahasa yang ingin kita gunakan, kalau sudah kita bisa mengeklik tombol forward.
  • .  Langkah kedua
 
Pemilihan Benua dan Zona
Disini kita bisa memilih di benua apa kita berada dan dalam zona apa, ini sangat penting untuk mengatur jam yang ada pada sistem operasi tersebut, kalau sudah kita bisa mengeklik tombol forward
 
  • Langkah ketiga
 
Ini adalah pengaturan keybord, pada umumnya keybord kita menggunakan keyboard default yaitu keyboard USA. kalau sudah kita bisa mengeklik tombol forward
 
  • Langkah keempat
 
Untuk menginstal ubuntu ini sebaiknya kita memilih Specify partitions manually, karena kita akan mengatur sendiri partisinya supaya tidak mengganggu sistem operasi lain (kalau ada). kalau sudah kita bisa mengeklik tombol forward
  •  Langkah kelima
 
Pengaturan partisi.
Disarankan untuk yang sudah memiliki sistem operasi yang lain supaya menyediakan partisi  kosong  untuk ubuntu. Untuk membuat partisi yang kompatible di ubuntu kita bisa mengklik new partition table.
Klik continue
 
Untuk ini kita memakai 7020 mb untuk ruang operasinya dengan file system Ext4 dan mount pointnya /. Tipe dari partisi ini adalah primary.
 
Membuat swap area dengan mengklik sisa dari file Ext4
  
Untuk ini kita memakai ruang 1571 untuk area swap dengan tipe partisinya logical. Ini membantu memory untuk menjalankan proses kerjanya (memory cadangan)
 
Setelah selesai kita centang Ext4 dan klik forward
  • Langkah keenam
 
Tahap ini kita bisa memasaukan informasi data diri kita seperti nama, nama pada waktu login, dan memasukkan password untuk login. Disini juga kita bisa menyetting untuk permintaan pasword untuk login atau tidak sama sekali. kalau sudah kita bisa mengeklik tombol forward
 
  • Langkah ketujuh
 
Disini kita bisa mencek kembali data-data yang telah kita masukkan dan kalau sudah benar semu bisa klik install.
 
Ini merupakan proses penginstallan dan kita tinggal menunggu sampe proses instalasi selesai dan setalah itu kita restart. Maka ubuntu karmic koala sudah bisa kita nikmati...!!
 

Comments (0)